Keuntungan Menggunakan Bitcoin

Keuntungan Menggunakan Bitcoin



Keuntungan Menggunakan Bitcoin - Sebagai seseorang yang sedang berusaha mengumpulkan pundi-pundi uang melalui internet, kita tentu sering dihadapkan pada suatu proses transaksi melalui dunia maya. Tentu ada banyak pilihan transaksi yang dapat dilakukan misalnya melalui paypal.
Semua jenis transaksi diatas pada dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Transaksi menggunakan paypal misalnya memiliki kelebihan dan kekurngan sebagai berikut:

Kelebihan dan Kekurangan Bertransaksi Dengan Paypal:
Kelebihan :

1. Pengguna terbanyak di seluruh dunia. Ini membuktikan bahwa PayPal memang salah satu alat transaksi online yang terpercaya.

2. Bisa di gunakan untuk menerima ataupun mengirim pembayaran serta bisa di cairkan lewat Bank Lokal Indonesia, ini sangat memudahkan khususnya bagi warga Negara Indonesia.

3. Terjamin keamanannya dalam bertransaksi, karena setiap kita menerima ataupun mengirim pembayaran akan ada bukti pembayaran serta catatan deskripsi yang sangat detail.

4. Melindungi Pembeli ataupun Penjual

    Pembeli : Bisa melakukan komplain apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi yang di beritahukan penjual dan uang akan di minta kembali dalam kurun waktu 45 hari setelah terjadi pembayaran.

    Penjual : Melindungi dari komplain serta permintaan pengembalian uang dari pembeli yang dianggap tidak benar. seperti klaim telah mengirimkan uang kepada penjual padahal tidak ada bukti pembayarannya. 
Kekurangannya :

1. Banyak sekali kriminalitas yang menggunakan popularitas PayPal dengan cara yang tidak bertanggung jawab yaitu mencuri User Id dan Pasword Para member PayPal dan menguras habis isinya.

2. Verifikasi yang sulit yaitu dengan kartu kredit, hal ini yang menjadi pokok utama permasalahan karena tidak semua kalangan mempunyai kartu kredit

3. Keamanan yang sangat ketat sehingga banyak para member yang terkena Limited Acces atau Pembatasan Limit Hal ini terjadi karena Pihak PayPal mencurigai adanya tindakan transaksi ilegal dari para membernya.

4. Proses Pencairan dana yang lama antara 2 s/d 4 hari, Hal. ini menjadi kendala apabila kita membutuhkan uang secara cepat

Diantara semua jenis kelebihan dan kekurangan diatas mengapa saya secara pribadi lebih menyukai momonotes asset digital saya, serta memilih bergabung dengan situs-situs yang membayar menggunakan bitcoin atau jenis criptocurenci lainnya ketimbang bertransaksi menggunakan paypal atau jenis medium pembayaran lainnya?


Atau sobat mungkin tertarik dengan artikel ini: Apa Itu Bitcoin dan Peluangnya

Ya, jika sobat teliti sobat akan menyadari bahwa blog ini lebih banyak memonotase dengan iklan-iklan tentang bitcoin dan criptocurency. Bukan hanya itu diluar itu penulis juga lebih banyak bergabung dengan situs-situs yang mau membayar dengan bitcoin ketimbang dollar, sebagai contoh sobat dapat melihat daftar tempat-tempat penulis memanen uang dari internet dibawah ini:
  1.  Dapat Uang dari Internet
  2. Cara-cara dapat Bitcoin
  3. Daftar Jaringan Iklan Terbaik Dan Hasilkan Uang
  4. Daftar Paid To Promote Terbaik
  5. Kerja Survey Dapat Uang


Loh, katanya lebih menyukai transaksi menggunkan bitcoin?, tapi ko ada situs yang membayar menggunakan dolar?.
Ya, ada beberapa situs yang menggunakan dolar yang penulis masukan kedalam daftar, namun itu alasan-nya bukan karena kemudahan transaksinya namun karena situs itu sendiri menjanjikan menurut penulis, mulai dari kemudahan yang di tawarkan, besar bayaran dan minimal payout yang harus dicapai.

Kembali ke topik “Mengapa memilih bertransaksi menggunakan bitcoin?”


Bitcoin sendiri secara sederhana dapat diartikan sebagai mata uang virtual terdesentralisasi atau tidak diataur oleh siapapun. Uang ini bisa digunakan untuk transaksi jual-beli lewat komputer atau gadget, seperti ponsel dan tablet. Uang Bitcoin akan tersimpan dalam bentuk dompet digital, yang berfungsi sebagai akun bank online. (untuk mengerti lebih lanjut tentang bitcoin sobat dapatmembaca e-book saya ini).

Bitcoin memiliki beberapa kelebihan dibanding mata uang konvensional, antara lain:

Apa saja kelebihan Bitcoin?
  1. Metode Pembayaran Global yang Efisien. Bitcoin dapat ditransfer dari Indonesia ke Canada dalam waktu 10 menit. Tidak ada bank yang memperlambat prosesnya, tidak ada biaya yang mahal, tidak ada pembekuan dana, tidak akan ada yang bertanya dari mana uang berasal dan apa tujuan transaksi. Dengan menggunakan Bitcoin, transfer lintas benua sama mudahnya seperti melakukan transaksi dengan tetangga sebelah anda.
  2. Keamanan dan kendali atas uang Bitcoin, ada ditangan anda. Transaksi Bitcoin diamankan oleh kriptografi tingkat militer. Tidak seorang pun yang bisa menggunakan uang anda atau melakukan pembayaran atas nama anda. Selama anda melindungi dompet anda, Bitcoin dapat memberikan kendali penuh atas uang anda dan tingkat proteksi yang kuat terhadap banyak jenis penipuan.
  3. Asalkan ada internet, anda dapat melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja di dunia ini, dengan menggunakan tablet, handphone, atau komputer. Bitcoin juga tidak mengenal hari libur atau cuti bersama. Mau jam berapa saja, hari apa saja transaksi dapat dilakukan.
  4. Dalam transaksi Bitcoin, tidak ada nomor kartu kredit yang bisa dikumpulkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
  5. Dengan Bitcoin dimungkinkan melakukan transaksi anonim atau tanpa mengungkapkan identitas anda sama sekali. Di dompet Bitcoin tidak ada nama pemilik atau informasi apapun yang bisa diketahui oleh merchant ataupun orang lain. Hal ini sangat berbeda dengan transaksi online konvensional seperti transfer bank yang membutuhkan nama lengkap dan identitas pendukung. 

Tentu penulis tidak ingin sesumbar mengatakan mata uang ini tidak memiliki kekurangan, ada beberapa kekurangan dari mata uang virtual ini, antara lain:

Apa saja kekurangan Bitcoin?
  1. Bitcoin berpotensi hilang dari dompet digital anda, jika komputer anda terserang virus atau terjadi pencurian password.
  2. Bitcoin adalah mata uang yang tidak tercatat atau dikontrol oleh sebuah lembaga yang berwenang seperti OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau Bank Indonesia, dimana lembaga otoritas ini berfungsi mengelola kebijakan moneter nasional, mengawasi bank, memelihara stabilitas sistem keuangan, dan menyediakan jasa keuangan kepada lembaga penyimpanan. Sehingga tidak ada jaminan atas uang anda.
  3. Bitcoin dirancang untuk menjadi mata uang digital bukan fisik, dan hanya bisa digunakan pada toko-toko tertentu saja yang menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran. Bitcoin tidak dapat digunakan ditoko kelontong atau sepatu dekat rumah anda.
  4. Transaksi Bitcoin dapat memakan waktu selama 10 menit untuk konfirmasi. Transaksi hanya dapat dikembalikan atau dibatalkan oleh penerima Bitcoin. Sedangkan pada mata uang konvensional, transaksi debit atau kredit dikonfirmasi hanya dalam hitungan detik. Transaksi tertentu juga dapat dikembalikan atau dibatalkan oleh sipengirim dengan alasan yang sah.
  5. Bitcoin tidak diasuransikan

Kurang lebih itulah kelebihan dan kekurangan bertransaksi menggunakan bitcoin. Namun bukan itu alasan penulis meyukai mata uang ini sebagai alat transaksi atau sarana untuk memonotase asset digitas penulis. Berikut alasan mengapa penulis memilih bertransaksi menggunakan bitcoin?

Kemudahan melakukan transaksi atau permintaan pembayaran
Tidak seperti sistem pembayaran menggunaka paypal atau metode pembayaran lain-nya yang terkadang membutuhkan convirmasi, pembayaran menggunakan bitcoin tidak perlu melewati tahap ini, sehingga tidak merepotkan

Nilai payout yang relative kecil
Ya, transaksi menggunakan bitcoin rata-rata memudahkan kita dalam mencapai minimal nilai payout yang disyaratkan. Bahkan untuk beberapa situs, kita dapat menghasilkan bitcoin dan langsung ditransfer ke mikrowallet milik kita, sehingga memudahkan ambang batas penarikan dana. Hal ini tentu sangat berbeda dengan sistem pembayaran menggunakan dollar atau mata uang konvensional lainnya yang mensyaratkan ambang batas penarikan atau nilai payout yang cukup tinggi, sehingga terkadang hal ini menyulitkan bagi kita untuk cepat menarik dana.

Fee yang kecil, bahkan gratis
Bitcoin memungkinkan kita bertansaksi tampa pemotongan dana sedikitpun, terkecuali situs tempat kita menambang bitcoin-lah yang menetapkan fee-nya (namun biasanya nilai fee yang dikenakan relative kecil). Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan transaksi konvensional.
Tentu saja nilai fee yang kecil dan gratis ini dikarenakan sistem mata uang bitcoin yang terdesentralisasi dan tidak diataur oleh pihak ketiga (seperti bank, dll) atau siapapun

Privasi
Privasi yang panulis maksudkan disini bukan berkaitan dengan anominitas pengguna bitcoin, namun priasi disini lebih karena uang yang dikirim langsung masuk dompet kita atau si-penerima. Sehingga aman dari bahaya scam dari situs terkait.
Namun pemilik bitcoin juga dapat mempercayakan untuk menyimpan bitcoin-nya kepada pihak ketiga, contoh pihak ketiga yang menerima pembayaran menggunakan bitcoin antara lain Bitcoin.co.id dan Coinbase

Alat investasi
Jika kita memperhatikan graffik pasar bitcoin, kita dapat menyadari bahwa nilai mata uang ini semakin lama semakin naik. Hal inilah yang menyebabkan banyak pelaku investasi mulai mempercayai bitcoin sebagai tempat melakukan investasi.

Proses transaksi yang relative lebih cepat ketimbang jika menggunakan mata uang konvensional
Sobat mungkin juga tertarik untuk melihat informasi lainnya terkait mata uang bitcoin ini, berikut penjelasan lainnya yang dapat menambah wawasan sobat terkait mata uang ini:

Kurang lebih itulah alasan-alasan Mengapa memilih bertransaksi menggunakan bitcoin?

Bagi sobat yang ingin mulai mengumpulkan bitcoin sobat harus memiliki wallet bitcoin serta mencari situs-situs penambang bitcoin terbaik yang dapat dipercaya. Berikut saran penulis terkai wallet bitcin yang baik dan tempat sobat dapat menambang bitcoin:

Daftar Bitcoin Indonesia Disini

bitcoin.co.id

Jika artikel ini bermanfaat mohon dibagikan ya, dan jika ada komentar atau pertanyaan dapat disampaikan ke kolom komentar dibawah.

Akhir kata mohon maaf jika ada salah penulisan atau salah kata….
Salam sukses….


Previous
Next Post »